SEMINAR PENDIDIKAN IPS A 2013

Gambar: 
Isi: 

“Realita Kekinian : Tantangan dalam Menjawab Prolematika Zaman”

 

Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan wadah pencetak calon pendidik yang peduli akan permasalahan-permasalahan sosial yang ada di masyarakat. Melalui beberapa mata kuliah yang ada di sepanjang semester satu hingga semester tujuh, terdapat beberapa mata kuliah yang ditujukan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam mengadakan seminar. Beberapa mata kuliah tersebut yaitu mata kuliah Kapita Selekta dan Seminar Pendidikan IPS yang diambil pada semester tujuh.  Kedua mata kuliah tersebut saling berkaitan karena keduanya mempunyai output yaitu menyelenggarakan Seminar Nasional yang panitia dan pembicaranya dari mahasiswa Pendidikan IPS.  
Seminar Nasional Pendidikan IPS A 2013 kali ini mengambil tema “Realita Kekinian : Tantangan dalam Menjawab Prolematika Zaman”. Tema tersebut sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang ada pada saat ini. Mulai dari permasalahan pendidikan hingga permasalahan yang ada di masyarakat seperti PPG, Pendidikan Karakter dan Globalisasi, Media, Transportasi dll. Seminar ini diselenggarakan pada hari Rabu 21 desember 2016 di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Seminar ini berjalan dengan lancar dan sukses terlihat dari peserta yang memenuhi ruangan dengan jumlah 132, dengan total pendaftar 142 peserta. Antusiasme yang baik inipun didukung dengan hadirnya Wakil Dekan 1 FIS UNY Dr Taat Wulandari M.Pd yang membuka acara seminar ini, serta jajaran dosen Pendidikan IPS yang turut hadir.
            Tidak terlepas dari antusiasme peserta isi materi yang disampaikan pemateri dari mahasiswa Pend IPS A 2013 cukup baik dalam menjawab beberapa masalah yang terjadi belakangan ini seperti Optimalisasi Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran IPS”, ungkap Ketua Seminar.  Seminar ini pun cukup meriah dengan banyaknya doorprize yang banyak dibagikan, adanya hiburan Standup Comedy juga membuat suasana hidup dan tidak membosankan karena para komika yang lucu dan unik. Sementara itu, dalam acara ini juga didukung oleh beberapa Sponshor yang sangat membantu dalam pendanaan maupun relasi seperti PT Sumber Baru Global, Waroeng SS, Paradise Bali, dll. Dengan adanya seminar ini diharapkan peserta dapat menambah pengetahuan tentang permasalahan-permasalahan baik dalam bidang pendidikan maupun di masyarakat serta selusi mengatasi permasalahan tersebut.