Mahasiswa Pendidikan IPS UNY Mengikuti Gelar Produk FIS 2018

Gambar: 
Isi: 

Mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2017, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta mengikuti acara gelar produk yang diselenggarakan sebagai acara puncak dari program mata kuliah kewirausahaan. Acara gelar produk ini menjadi ajang pamer dan promosi bagi dua puluh enam student company atau  kelompok wirausaha yang dirintis dan dikelola mahasiswa dari tiga jurusan yaitu jurusan pendidikan IPS, Pendidikan Sosiologi, dan Pendidikan Geografi. Dimana ketiga jurusan tesebut ada mata kuliah kewirausahaan. Melalui acara gelar produk ini, mahasiswa dapat mempraktekan teori yang sudah di dapat dikelas untuk  diaplikasikan dalam ranah yang nyata.
    Acara gelar produk ini diadakan di depan Ruang Sidang Cut Nyak Dien, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas negeri Yogyakarta pada Rabu(25/4). Dari jurusan pendidikan IPS sendiri ada sepuluh kelompok student company yang terbentuk, dimana masing-masing kelompok menghasilkan produk yang berbeda satu sama lain. Kebanyakan produk yang dijual adalah produk kuliner baik itu makan atau pun minuman, meskipun ada juga yang menjual produk kerajian. Diantara produk yang ditawarkan oleh kelompok student company dari jurusan Pendidikan IPS yaitu, keripik sayur, keripik kelor, roti brownies, keripik talas, kerupuk kulit pisang, keripik biji durian, pasta rending, keripik jamur, aneka cover dan  masih banyak lagi. Produk yang dijual dibuat sendiri berdasarkan kreasi dan imajimasi masing-masing kelompok. Ada produk yang memang belum pernah dibuat sebelumnya yaitu, kerupuk kulit pisang dan keripik biji durian.
    Acara ini dijadikan sebagai unjuk gigi untuk memamerkan kreatifitas dan jiwa wirausaha mahasiswa. Acara yang belangsung antara pukul 08.00-13.00 WIB ini cukup meriah terbukti pada akhir acara semua produk yang ditawarkan laku terjual dan setiap student company mendapatkan keuntungan yang dapat dikatakan cukup lumayan bagi mahasiswa. Meskipun, pada pertengahan  acara diwarnai dengan guyuran hujan. “Gelar Produk ini merupakan kolaborasi antara tiga program studi dan mata kuliah kewirausahaan, yang memamerkan produk-produk kreatif dan inovatif dari masing-masing student company,” kata ketua panitia Gelar Produk FIS 2018, Irfan Naufal Fadlhurrahman.
    Melalui acara ini diharapkan mahasiswa Pendidikan IPS bisa memiliki perusahan sendiri dimasa sekarang maupun di masa yang akan datang, selain itu setiap mahasiswa juga diharapkan mampu bekerjasama dalam sebuah tim dalam menangani sebuah usaha.