LESSON STUDY

Gambar: 
Isi: 

Lesson Study Mata Kuliah Kewirausahaan di Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FIS, UNY

Kegiatan Lesson Study  merupakan salah satu upaya perbaikan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi. Salah satu kegiatan lesson study yang telah dilaksanakan adalah pada mata kuliah kewirausahaan. Mata kuliah KWU bertujuan membekali mahasiswa spirit/jiwa dan karakter wirausaha, memahami konsep kewirausahaan, dan melatih keterampilan/skill  berwirausaha sebagai salah satu alternatif bagi lulusan perguruan tinggi dalam menghadapi ketidakseimbangan lapangan pekerjaan yang tersedia dengan jumlah pencari kerja.

Lesson study dilaksanakan pada bulan Nopember hingga Desember tahun 2014 pada mata kuliah kewirausahaan yang diampu oleh dosen model (Anik Widiastuti, M.Pd.), melibatkan observer sebanyak 4 dosen Jurusan Pendidikan IPS. Lesson study dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: 1) Plan (Penyusunan skenario pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran, penyusunan lembar kerja mahasiswa, serta penyusunan lembar observasi; 2) Do (pelaksanaan dan observasi pembelajaran); 3) See (refleksi hasil pembelajaran); 4) Redesign(penyusunan upaya perbaikan perencanaan pembelajaran).

Hasil Lesson study menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas perbaikan yang meliputi perbaikan proses perkuliahan, peningkatan aktivitas dan keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan, peningkatan interaksi dosen - mahasiswa, mahasiswa – mahasiswa, serta peningkatan budaya belajar mahasiswa dalam perkuliahan.